Senin, 19 Desember 2011

Cara Membakar CD Dengan Nero dan Windows

CARA MEMBAKAR CD DENGAN NERO DAN WINDOWS  
Di susun oleh : 
Nama  : Wiwin Hardiati
Npm    : 3061011161
Kelas   : 3B-pagi


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
STKIP PGRI-BANJARMASIN
2011\2012

A.    Membakar CD
Setiap hari data-data dan file dikomputer akan memenuhi media penyimpanan (Hardisk) kita. Sehingga ruang hardisk akan berkurang dan semakin menipis. Karenanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti data hilang baik karena virus maupun kerusakan perangkat lainnya kita perlu membuat cadangan (back-up) data dan file tersebut ke media penyimpan lainnya. Misalnya CD atau DVD. Salah satu program/software yang berguna untuk membuat cadangan adalah adalah Nero Express. Membuat cadangan/menggandakan kepingan CD / DVD sering disebut dengan CD Burning (membakar CD). CD dan DVD adalah medium yang saat ini banyak digunakan sebagai medium data. Perbedaan antara CD dengan DVD adalah pada banyaknya data yang dapat dimuat di dalam kepingan plastik tersebut. DVD dapat diisi sampai dengan 4.7 GB dan CD sampai dengan 670 MB. Kapasitas penyimpanan medium tersebut dapat menjadi lebih besar lagi jika jumlah sisi dan layer pada medium dirubah. Semakin banyak sisi atau layer yang digunakan maka semakin besar data yang dapat diisikan pada kepingan cd tersebut.
Kali ini kita akan menggunakan Nero Start Smart versi 6.6.0.1 yang di dalamnya terdiri dari beberapa pilihan program salah satunya Nero Express.

B.     Sejarah Nero
Asal Nama Nero Burning Rom 
Nero yang lebih dikenal sebagai software Burning CD, sebenarnya ada sejarahnya dari nama Nero tersebut, berikut penjelasannya
Nero yang pertama:
Quote: 
Claudius Nero Caesar Augustus Germanicus Nero (Latin: Claudius Nero Caesar Augustus Germanicus), adalah Kaisar Romawi yang berkuasa pada 13 Oktober AD 54 - 9 Juni AD 68 (13 tahun, 240 hari). Ia adalah kaisar terakhir dari dinasti Julio-Claudian yang hidupnya hanya sampai usia ke 30. Nero diadopsi oleh pamannya yang bernama Klaudius untuk menjadi ahli warisnya dan penggantinya. Dia berhasil naik tahta pada tahun 54AD setelah Claudius wafat. Selama pemerintahannya, Nero memusatkan sebagian besar perhatiannya dibidang diplomasi, perdagangan, dan kebudayaan. Ia memerintahkan pembangunan teater dan memperkenalkan olahraga atletik. Selama pemerintahannya Nero memiliki beberap Jenderal yang berprestasi. Salah satunya Jenderal Corbulo yang mengagumkan, melakukan perang dengan sukses dan menegosiasikan perdamaian dengan Kekaisaran Parthia. Selain itu Jenderalnya yang lain bernama Suetonius Paulinus, berhasil menghancurkan pemberontakan di Britain(Inggris). Selain itu, Nero juga menganeksasi(menaklukan) Kerajaan Bosporan, dan hal ini menyebabkan Perang Romawi-Yahudi dimulai.  
Pada tahun 64, sebagian besar Roma hancur dalam sebuah Kebakaran Besar. Hal ini menjadi bagian dari sejarah, dan peristiwa ini sering disebut "Great Fire of Rome". Sebagian orang menuduh bahwa yang Nero yang menjadi otak dibalik itu. Alasannya agar dia bisa mendapatkan sebagian kecil tanah yang dia inginkan. Pada tahun 68AD, pemberontakan Vindex di Gaul dan kemudian aklamasi Galba di Hispania membuat Nero turun dari tahta. Menghadapi ancaman pembunuhan yang ditujukan padanya, akhirnya ia bunuh diri pada 9 Juni 68 AD.
Nero yang kedua: 
Quota
Nero Burning Rom, biasa disebut Nero saja, adalah program komputer untuk menulis data pada media optikal disk yang dikembangkan oleh Nero AG(sebelumnya Ahead Software) yang berlokasi di Jerman.
Bagi yang sering burning CD pasti tahu apa itu Nero dan bagaimana cara memakainya. Tapi coba perhatikan icon/logo yang digunakan oleh Nero - Sebuah bangunan Collosium yang sedang terbakar, dan asal nama "Nero" itu sendiri mungkin masih sedikit yang tahu.
Apa hubungan Nero dengan Nero?

Pada paragraf ketiga bagian "Nero yang pertama", dijelaskan bahwa terjadi sebuah kebakaran besar di Roma, yang "kemungkinan" disebabkan oleh Kaisar Nero tersebut. Jika dijadikan sebuah frasa dalam bahasa inggris menjadi "Nero Burning Rome" yang artinya sudah pasti Nero(Kaisar) yang membakar Romawi. Frasa ini kemudian digunakan dan diplesetkan oleh Ahead Software menjadi "Nero Burning Rom", hanya huruf "e" dihilangkan. Ini alasanya kenapa icon/logo yang dipakai oleh Nero Burning Rom adalah gambar Collosium yang sedang terbakar. Karena,
1)      Collosium sudah menjadi lambang untuk Romawi, dan
2)      Bentuknya pun lingkaran/bulat sama seperti CD/DVD.
a.      Pengertian Nero
Nero adalah salah satu program yang di gunakan untuk pem Back Up an data-data yang di anggap penting supaya jika suatu saat terjadi kerusakan pada data yang asli data yang sudah di back up bisa di gunakan.
Nero Start Smart adalah salah satu program yang berguna untuk menggandakan / membakar CD/DVD ke dalam bentuk data (PC Only), Audio seperti MP3, CD, Video seperti VCD, dll. Dalam hal membakar CD/DVD Nero Start Smart sangat berpengalaman, selain mudah digunakan Nero Start Smart sangat cepat dalam hal ini. Sebelum membakar CD/DVD, pastikan bahwa CD-ROM / DVD-ROM yang kita miliki adalah Rewriteable (RW). Langkah-langkah Bakar File ke CD / DVD :
1.      Pastikan Software Burning serta CDRW atau DVDRW drive sudah terpasang dengan baik.
2.      Masukkan CD atau DVD kosong pada Drive CDRW atau DVDRW anda.
3.      Jalankan perangkat lunak khusus untuk membakar file ke CD / DVD kosong
4.      Sorot dan rekap file-file yang akan dipakai pada software burning. Ketika selesai jalankan perintah burn.
5.      Keluarkan dan dinginkan CD / DVD setelah selesai.

a.       Membakar CD Dengan Nero
Setelah melakukan kompresi/encoding dalam format MPEG maka file MPEG tersebut akan dimasukkan dalam media CD dengan cara dibakar (burning) untuk menghasilkan format media Video CD. Dalam proses burning CD digunakan software burning yang berguna untuk menghasilkan format media yang dikehendaki untuk kemudian memerintahkan komputer untuk menulisnya dalam media CD.
- Mengenal Nero Burning ROM 6.0
Nero Burning ROM 6.0 adalah software burning yang akan Anda gunakan dalam buku ini. Software ini dibuat oleh produsen software Ahead Software AG yang berkedudukan di Jerman. Nero Burning ROM merupakan software burning yang sangat familiar yang memiliki banyak fasilitas dan mampu membakar CD dalam banyak format (CD Data, Audio, VCD, SVCD dan DVD). Di dalam Nero Burning ROM 6.0 terdapat dua aplikasi yaitu Nero Cover Designer yang berfungsi untuk mendesain cover CD dan Nero Express yang berfungsi sebagai antar muka proses burning.
- Membakar CD
Untuk membakar CD menjadi format VCD langkah-langkahnya, sebagai berikut :
1. Jalankan program Nero Express yang ada dalam Nero Burning ROM, caranya pilih
Start > All Programs > Nero > Nero OEM > Nero Express.
2. Kemudian pilih Videos/Pictures > Video
3. Maka akan tampil halaman My Video CD
4. Klik tombol Add yang berada di sebelah kanan
5. Kemudian tentukan lokasi file yang akan di burning ke dalam CD (file berformat MPEG).
6. Lalu klik Next

7. Tentukan drive recorder, isikan nama disk lalu tentukan kecepatan perekaman pada opsi Writing speed. 
8. Klik tombol Burn untuk memulai proses Render
9. Seterusnya ikuti saja perintah yang muncul.s

A.    Pengertian Windows
Windows adalah bahasa Inggris yang artinya dalam bahasa indonesia adalah jendela-jendela, namun jika dikaitkan dengan istilah komputer pengertian windows bisa menjadi lain. Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan Amerika yang bernama Microsoft. Sistem operasi adalah sistem dasar untuk mengoperasikan sebuah alat elektronik. (Sebagai gambaran lain, dalam istilah handphone kita mengenal adanya sistem operasi bernama bernama symbian.) Karena merupakan sistem dasar, kita bisa menambahkan program-program atau aplikasi lain untuk melengkapi sistem operasi. Misalnya, untuk membantu proses tulis-menulis orang menambahkan program Microsoft Word / Excell, dan untuk membantu proses editing suatu foto, orang memasang program Adobe Photoshop. Sistem operasi lain yang juga cukup populer selain Windows adalah Linux dan Mac OS. Jika Windows dan Mac OS merupakan sistem operasi berbayar, maka Linux adalah sebuah sistem operasi yang gratis. Tetapi, mungkin karena “menang tua” windows lebih banyak digunakan orang daripada Linux. Sehingga jika kita mengadakan suatu survei, mungkin pengertian windows lebih banyak diketahui daripada pengertian Linux.
- Perbedaan CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD Re-Writable)
        Dalam hal ini CD yang digunakan adalah CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD Re-Writable), dan yang saat ini berkembang adalah DVD-R dan DVD R/W. CD Drive merupakan tempat untuk meletakkan CD judul CD-R maupun CD R/W. secara fisik bentuk kedua CD tersebut sama, begiu juga kapasitas penyimpanannya antara 500 MB sampai dengan 800 MB. Namun secara fungsi kedua CD tersebut berbeda. CD-R pun begitu dilakukan burning (pembakaran) tidak bisa dihapus lagi, ini artinya proses pengisian atau penyimpanan data hanya bisa dilakukan sekali. Lain halnya dengan CD R/W, setelah kita melakukan penyimpanan data pada CD tersebut, data kemudian bisa dihapus dan selanjutnya dilakukan pengisian lagi. Meskipun kapasitas penyimpanan datanya lebih kecil dibandingkan dengan hard disk namun kelebihan penyimpanan data dalam bentuk CD adalah selain portable, juga tidak bisa terkena virus (untuk CD – Read). Kecepatan pembacaan data ditunjukkan dengan kecepatan yang tertera pada perangkat CD/DVD tersebut misalnya CD RW 52 X-24X-52 X.

- Tips Cerdas Cara Membakar (Burning) CD/DVD Tanpa Software :
1.      Pilih folder atau file yang akan Anda bakar atau copy ke CD/DVD
2.      Klik kanan pada folder atau file, pilih Send to, pilih drive CDRW Anda misal “CDRW Drive (D:)
3.      Ulangi langkah pertama dan kedua untuk menambah data lainnya
4.      Setelah dirasa cukup klik kanan Drive CDRW Anda, Pilih “Write these files to CD
-  Cara Burning File ISO ke Kepingan CD atau DVD di Windows
Tidak seperti di Windows 7 yang sudah terbuilt-in tool untuk burning file ISO, pada windows versi lain seperti Windows XP anda harus menggunakan software pihak ketiga untuk melakukannya.
Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan, baik yang sifatnya free maupun yang berbayar. Diantara banyak aplikasi tersebut, kami memilih dua aplikasi yang menurut kami cukup baik dan tentunya bersifat gratis.
-  Menggunakan ISO Recorder
Cara pertama adalah menggunakan ISO Recorder yang bisa anda download dalam beberapa versi Windows. Pilih sesuai dengan OS yang anda pakai karena setiap versi hanya dapat digunakan pada versi tersebut. Link download ada di bagian akhir artikel dan jangan lupa teliti dahulu sebelum download sesuai dengan versi windows yang anda gunakan.
Untuk menggunakan ISO Recorder, cukup download aplikasi dan install di komputer atau notebook yang anda pakai. Kemudian cari file ISO yang ingin anda burning ke CD, kemudian klik kanan file tersebut dan pilih Copy image to CD.
-  Burning CD Tanpa Aplikasi Burning Pada Windows XP
Windows XP sebenarnya menyediakan fasilitas CD burning. Fasilitas CD burning tersebut pada Windows XP telah diintegrasikan pada windows Explorer, sehingga pengerjaannya pun sangat mudah.
Tetapi jika mau dibandingkan dengan program burning CD seperti Ahead Nero, Clone CD dan lain sebagainya tentu hal ini sangat berbeda, tapi siapa tau suatu saat anda tiba-tiba ingin menulis CD sedangkan saat itu anda tidak memiliki software CD burning pada komputer anda dan anda juga tidak memiliki banyak waktu untuk membeli program tersebut ke pasar atau mall, disamping proses penginstalasiannya juga yang memakan waktu. Baiklah, saya akan coba jelaskan langkahnya satu persatu:
1.      Masukkan CD kosong pada drive CD/DVD-RW anda.
2.      Jalankan windows Explorer dengan cara mengklik  Start/All Programs/Accessories/Windows Explorer.
3.      Arahkan pada lokasi file yang ingin ditulis ke dalam CD, pilih file atau folder yang anda inginkan. Setelah selesai memilih, klik kanan lalu pilih Copy
4.      Arahkan ke drive CD/DVD-RW anda, klik kanan lalu Paste, atau dapat juga dengan memilih Edit pada menu lalu pilih Paste. Burning CD tanpa Aplikasi Burning pada Windows XP Imron A.Md/Teknik Komputer/PRODIPKOM/FASILKOM/UNSRI
5.      File/folder yang anda pilih akan ter-copy pada drive CDRW. Anda tidak perlu ragu melakukan Copy/Paste karena file/folder tersebut belum ditulis ke dalam CD-R anda, melainkan baru ditulis ke dalam penyimpanan sementara. Karena itu, anda masih dapat melakukan penambahan dan penghapusan file jika diperlukan. 
6.   Setelah yakin semua file dan folder yang ingin anda tulis telah terkumpul pada drive CD-RW, klik kanan pada drive tersebut dan pilih menu Write these files to CD. Burning CD tanpa Aplikasi Burning pada Windows XP Imron A.Md/Teknik Komputer/PRODIPKOM/FASILKOM/UNSRI 
7.      Pada CD name, masukkan nama label CD-nya sesuai dengan apa yang anda inginkan, kemudian beri tanda cek pada Close the wizard efter the files have been written, klik tombol Next. 
8.      Selanjutnya biarkan saja proses penulisan CD berlangsung hingga selesai, mudah bukan Selamat mencoba..Burning CD tanpa Aplikasi Burning pada Windows XP.

-   Menggunakan Img Burn 
     Cara kedua adalah dengan menggunakan software ImgBurn. Aplikasi ini mempunyai fitur yang lebih baik dari aplikasi sebelumnya, yang tentunya memiliki kapasitas yang lebih besar dari apliaksi ISO Recorder.
·         Pertama kali, download aplikasi ImgBurn (Link download ada di bagian akhir artikel) dan install di komputer yang anda pakai. Gunakan full installations agar anda bisa lebih leluasa dengan aplikasi ImgBurn.
·         Setelah proses install selesai, anda bisa menggunakannya untuk melakukan burning file ISO ke CD. Caranya seperti pada cara pertama, klik kanan pada file ISO dan pilih Burn using ImgBurn, masukkan kepingan CD ke dalam CD RW dan ikuti proses selanjutnya.
·         Selain sebagai tool burning file ISO, aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk burning file ke dalam CD seperti yang biasa anda lakukan menggunakan aplikasi berlisensi seperti Nero Burning Room.
·         Selain dua tool di atas, masih banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk burning fie ISO ke media Disc. Jika anda punya pengalaman dengan file ISO, anda dapat sharing dengan kami dengan meninggalkan komentar di bawah ini. 

 







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar